Byeosjip Si Jerami Nasi

5 March 2019

Catatan Perjalanan di Seoul, Korea Selatan

#SahabatLuarBiasa, ada pemandangan menarik ketika penulis jalan-jalan di jantung kota Seoul, Korea Selatan. Terdapat penampakan yang tak biasa. Yakni berbagai bentuk tumpukan jerami yang rapih berjajar di sepanjang pedestrian jalan. Uniknya, bukan cuma tumpukan jerami. Namun dibentuk menjadi berbagai macam tampilan yang menarik. Apa itu?

Namanya adalah Byeosjip. Awalnya penulis mengira ini cuma hiasan pemanis semata. Faktanya, selain berfungsi sebagai hiasan, ternyata Byeosjip ini memiliki fungsi yang begitu penting. Yakni untuk melindungi tanaman di bawahnya saat musim dingin seperti yang penulis rasakan sekarang . Wow luar biasa bukan.

Jika tidak dilindungi, tanaman yang tersembunyi di bawah tumpukan jerami akan mati kedinginan akibat suhu di kota Seoul. Pemandangan yang sangat kontras di tengah kota metropolitan. Diantara gedung-gedung tinggi menjulang, tatakota yang modern, ternyata ada unsur alam nan tradisional.

Sungguh bentuk kearipan lokal yang rupawan. Menggabubgkan dua unsur yang berbeda. Tapi tetap memberi kesan visual yang harmonis. Cantik sekali !

Aku Bisa Katakan

Aku Bisa Katakan

Kuku-ku mencengkeram aquariumBaju baru membias didindingnyaPergi sekolah bersama kawanMandi sendiri tak lupa kulakukanPun minum jus wortel kusempatkanDemi mata berbinar terang Kunikmati kolam di masa liburanKarena kuyakin berenang jadi sehatBerlariku

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp