Pengusulan Arsip Musnah untuk Pengelolaan Arsip BBGP Jabar yang Lebih Baik

16 March 2023

Bandung (8/3), Arsip di lingkungan lembaga sebaiknya dimusnahkan mengikuti standar JRA atau jadwal retensi arsip yang sudah ditentukan oleh Permendikbud no 20 tahun 2022. Hal ini bertujuan untuk efisiensi ruang arsip sehingga daur hidup arsip di lembaga dapat berjalan dengan baik.

“Setiap kegiatan pasti ada laporan dan berkas-berkas lainnya yang nantinya akan menjadi arsip. Untuk arsip yang terlalu lama, contoh tahun 80-an tidak perlu diidentifikasi terlalu lama. Langsung dimusnahkan saja,” ujar Arsiparis GTK, Tata Hidayat, narasumber kegiatan Konsolidasi dan Penilaian Arsip Usul Musnah BBGP Jabar di Aula BBGP Jabar.

Selain arsip aktif, likuidasi arsip pasti ada, terutama untuk satker-satker PPPPTK sebelum menjadi BBGP Jabar. Meskipun arsip tersebut berbentuk digital, berkas tetap harus ditata dengan rapi. Hal ini untuk mempermudah pencarian jika arsip tersebut diperlukan.

“Setiap triwulan atau semester lakukan usul musnah jangan menunggu sampai 1 tahun,” tegas Tata. Tata juga mengapresiasi langkah BBGP dalam pembentukan tim pengelola arsip ini. Terlebih mendapat dukungan dari tim manajemen dan pimpinan. Kegiatan berlangsung dari tanggal 8 s.d. 10 Maret 2023 sebagai pembekalan bagi tim pemusnah arsip BBGP Jabar agar dapat melakukan pengelolaan arsip dengan lebih baik.

Penyusunan Rencana Strategis PPPPTK TK dan PLB Tahun 2020

Bandung (12/8) PPPPTK TK dan PLB (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa)

Bupati Pangandaran Anugerahi BBGP Jabar Penghargaan atas Dukungan Meningkatkan Mutu Pendidikan

Pangandaran (24/10/2023). Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menganugerahi penghargaan kepada BBGP Provinsi Jawa Barat atas dukungannya meningkatkan mutu pendidikan di

Tata Kelola Baru Organisasi PPPPTK TK dan PLB

Pada hari kerja pertama di tahun 2021, Senin (4/01) PPPPTK TK dan PLB mengadakan kegiatan silaturahim bagi seluruh pegawainya. Kegiatan

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp