Metamorfosa Lembaga

4 July 2019

#SahabatLuarBiasa, tidak terasa sudah 69 tahun Kami mengabdi dan melayani. Namun tahukah sahabat? Sebelum menjadi PPPPTK TK dan PLB, kantor yang terletak di Jalan Dr Cipto No 9 Bandung ini beberapa kali mengalami perubahan.

Dari segi kesejarahan, PPPPTK TK dan PLB merupakan lembaga diklat tertua di nusantara. Bangunan PPPPTK TK dan PLB didirikan pada tahun 1948, waktu itu digunakan sebagai bangunan SDLB Belanda. Pada tahun 1950, tepatnya tanggal 2 Juli 1950, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No.F.503 tanggal 2 Juli 1950, berubah fungsi menjadi lembaga diklat tertulis bagi guru, dengan nama Balai Kursus Tertulis Pendidikan Guru (BKTPG).

Ini tercatat dalam buku Selayang Pandang PPPG Tertulis terbitan tahun 1998, bahwa pernah 2 kali lembaga ini dipimpin oleh warga keturunan Belanda, yaitu (1) M. Vastenhouw (1950 – 1952), dan (2) Van Waandenberg (1952 – 1954). Sampai dengan tahun 2007, lembaga ini telah mengalami tujuh kali pergantian nama, dengan kiprah mendiklat guru seluruh jenjang dalam skala nasional secara jarak jauh, melalui media tulis, dan multi media. Pada tahun 2007 melalui Permendiknas N0. 8 Tahun 2007.

Kemudian, lembaga ini mengalami metamorfosa menjadi lembaga diklat tatap muka. Dengan sasaran peserta para Guru TK dan SLB, dengan nama PPPPTK TK dan PLB. Sejak kelahirannya tahun 1950 sampai dengan hari ini, merupakan sejarah panjang pengabdian sebuah institusi dalam meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan. (Agus Djaja)

Redisain Diklat PJJ Bidang TK dan PLB

Pandemi Covid-19 yang kita alami beberapa bulan ini, telah mengubah cara kita menjalani kehidupan. Kita harus menjalani hidup dengan protokol

Penyegaran Instruktur Nasional PKB SD Region Aceh yang HOTs

Banda Aceh (17/9), Instruktur Nasional Program Keprofesian Berkelanjutan Bidang Sekolah Dasar Region Aceh mengikuti kegiatan penyegaran selama empat hari (40

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp