Hasil uji nilai PISA, siswa Indonesia rangking ke 2 dr bawah, Mengapa?

8 December 2018

Hasil bedah analisa ada 3 hal yg mendasari hasil test tersebut kurang menggembirakan :
1. Pola pengajaran yag dilaksanakan dengan metode Low Order Thinking Skill. Maka harus dilakukan pola pengajaran dengan pola HOTs (High Order Thinking Skill) kepada siswa untuk mengatasi permasalahan tersebut krn soal2 yg diberikan adalah soal2 berbasis HOTs.
2. Pemilihan sample uji yg dilakukan oleh PISA adalah random dan menggunakan komputer. Sementara belum semua sekolah dan siswa kita menggunakan komputer. Maka kemdikbud mengirimkan paket2 fasilitasi ke sekolah sampai dengan kebutuhan listriknya untuk di daerah tertentu untuk membantu siswa kita mengikuti uji PISA.
3. Intervensi materi yg diujikan PISA di setiap sekolah berbeda sehingga siswa tidak sama hasil ujinya di bidang matematika, science, dan literasi. Maka perlu dilakukan pembenahan materi tersebut di sekolah dan meningkatkan kompetensi guru di lingkungan zonasi melalui power pengawas.

Nampak jelas peran pengawas menjadi penting dalam pemerataan pendidikan. Maka tahun ini 19.000 an pengawas dituntaskan program penguatan pengawasnya, dan harapannya pengawas dapat menunjukkan pembinaannya kepada guru, kepala sekolah dan sekolah untuk meningkatkan mutunya.

Hasil penelitian bahwa guru bisa bagus apabila siswa tidak memerlukan dukungan belajar di luar sekolah. Anak2 yg cerdas harus seimbang otak kiri dan kanan, maka pendidikan karakter penting sebagai penyeimbang otak kanan. Dengan revolusi industri 4.0 anak2 milenial yang sukses adalah anak yg bisa menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.

Mari kita sukseskan anak2 Indonesia menjadi anak2 milenial yg sukses!!!

Ngariung Bareng Edisi ke-3

Bandung (17/3), Kegiatan “Ngariung Bareng dibacain BBGP Jabar” kali ini dibawakan oleh Annisaa Nurhayati, S.Pd., M.T., Analis Sistem Informasi dan

Lokakarya 4 Program Guru Penggerak Angkatan 8: Penguatan Praktik Coaching

Kegiatan lokakarya ini dijalankan sesuai dengan agenda pembelajaran yang di susun untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diterapkan di dalam pembelajaran.

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp