Ngariung Bareng Edisi ke-3

21 March 2023

Bandung (17/3), Kegiatan “Ngariung Bareng dibacain BBGP Jabar” kali ini dibawakan oleh Annisaa Nurhayati, S.Pd., M.T., Analis Sistem Informasi dan Jaringan BBGP Jabar dengan judul buku “The Life-Changing, Magic of Tidying Up” Seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang.

The Life-Changing Magic of Tidying Up oleh Marie Kondo merupakan buku pengembangan diri yang sudah dirilis ke berbagai bahasa dan sudah terjual jutaan kopi. Dalam buku setebal 206 halaman ini Marie bercerita bagaimana awal mula dirinya bisa berkecimpung dalam dunia berbenah dan tentunya berbagai cerita dari klien yang ditangani Marie setelah berprofesi sebagai pakar berbenah. Dari buku ini diketahui kalau kebiasaan berbenah Marie ternyata sudah dimulai sejak kecil. Marie sangat menyukai majalah-majalah interior dan melakukan berbagai eksperimen untuk membuat rumah menjadi lebih rapi.

Di usia remaja, Marie berkenalan dengan buku berjudul Seni Membuang karya Nagisa Tatsumi yang yang kemudian menjadi dasar bagi dirinya dalam urusan berbenah. Setelah membaca buku tersebut, Marie langsung bersemangat untuk membuang berbagai barang yang ada di rumahnya. Marie memiliki kriteria menyeleksi barang yang akan disimpan, yaitu apakah barang ini membangkitkan kebahagiaan? Jika ya, simpanlah. Jika tidak, buang saja. Dalam bukunya, Marie Kondo memberikan trik-trik dan konsep dalam menata rumah seperti halnya dalam melipat pakaian. Beberapa tips berbenah ala KonMarie, yaitu: 1) Tempat tersendiri untuk setiap barang 2) Jangan menyimpan di tempat yang tersebar-sebar 3) Simpan pakaian secara vertikal, jangan ditumpuk 4) Tidak perlu membeli barang khusus untuk menyimpan 5) Kosongkan tas setiap hari 6) Segera keluarkan pakaian baru dari kemasan dan cabut labelnya 7) Simpan tas di dalam tas lain 8) Apresiasi barang-barang anda untuk memperoleh kinerja anda.

“Kita semestinya memilih apa yang hendak kita simpan, bukan apa yang hendak kita singkirkan”

Kegiatan Tes Formatif PGDK di TUK PPPPTK TK dan PLB

Bandung (5/9), Sebagai bagian dari agenda program pelatihan persiapan PPG bagi guru daerah khusus, para peserta Pelatihan Guru Daerah Khusus

Bimbingan Teknis Strategi Meraih Predikat ZI-WBK

Bandung, (30/6) “Inovasi, inovasi, dan inovasi. Adalah hal yang selalu dilakukan PPPPTK TK dan PLB untuk menjadi lebih baik,” tegas

FGD Evaluasi PKB Kemitraan 2017 Parapat – Sumatera Utara

Focus Group Discussion Evaluasi Program Pengembangan Kepreofesian Berkelanjutan 2017.

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp