Booster Ilmu dan Keseruan Fiesta TKPLB 2021

17 November 2021

Tepuk tangan dan riuh sorak sorai memenuhi ballroom Hotel Graha Bumi Surabaya pada 10 November 2021. #SahabatLuarBiasa, para guru peserta Fiesta TKPB 2021 berjalan dengan gaya ala pahlawan di depan panggung sambil memperkenalkan dirinya dan perannya. Mereka mengikuti challenge (tantangan) Fiesta TKPLB 2021, berpakaian ala pahlawan secara lengkap. Tawa juri dan peserta Fiesta TKPLB lainnya membahana ketika ada penonton yang dengan sengaja melemparkan humor terkait penampilan peserta karnaval. Suasana semakin semarak ditambah komentar dari pembawa acara yang mengundang tepuk tangan dan gelak tawa hadirin.

Sebelum kegiatan karnaval kostum ala pahlawan, peserta Fiesta TKPLB 2021 juga mendapatkan booster ilmu di empat kelas workshop. Kelas workshop tersebut adalah kelas public speaking, kelas desain canva, kelas vlog tiktok, dan kelas penulisan cerita digital. Hasil karya dari masing-masing kelas dilombakan dan dinilai oleh juri untuk mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai total 20 juta rupiah.

Sejarah Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan merupakan tema dari Fiesta TKPLB 2021. Acara dilangsungkan bertepatan dengan peringatan hari pahlawan dan dilaksanakan di Surabaya, kota Pahlawan. “Sejarah sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak didik kita. Agenda yang penting ketika kita ingin menanamkan nasionalisme dan rasa kebangsaan,” ungkap Ibu Aline Puspasari, S.E., M.Ed., penanggung jawab kegiatan. Ia juga menjelaskan bahwa TKPLB Fiesta 2021 merupakan gabungan dari karnaval, workshop, dan webinar.

“Mengajarkan sejarah yang menyenangkan menjadi sesuatu yang sangat menarik, dan dalam kegiatan ini diajarkan melalui workshop keterampilan aplikasi kekinian,” ulas Bapak Drs. Abu Khaer, M.Pd, kepala PPPPTK TK dan PLB.  Sesuai tema Fiesta 2021, setiap kelas workshop menghasilkan hasil karya terkait dengan sejarah. Melalui video tiktok, desain canva dan buku cerita digital, sejarah jadi terasa menyenangkan dan ringan untuk dipelajari. Tidak lagi menjadi momok dan ketinggalan zaman.

Pada sesi webinar yang dibawakan oleh Bapak Asep Kambali, penguatan tentang pentingnya belajar sejarah kembali disampaikan. Pendiri Komunitas Historia Indonesia ini juga memberikan tips dan trik supaya sejarah menjadi menyenangkan buat peserta didik kepada para guru yang hadir. Menurut Asep Kambali, dalam merayakan peringatan sejarah seharusnya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang mendidik dan bermartabat. “Seperti yang dilakukan PPPPTK TK dan PLB ini, saya salut dan sangat mengapresiasi. Inilah bentuk perjuangan yang sesungguhnya untuk mengisi dan membangun Indonesia. Keren,” pujinya. 

Fiesta TKPLB 2021 paket lengkap, peserta mendapat ilmu, jejaring, pengalaman, keseruan, dan hadiah uang tunai. “Pengalaman yang takkan terlupakan, saya belum pernah menemukan kegiatan sekeren ini. Luar biasa” ungkap Tiyas Widaningsih, peserta dari SMPN 13 Depok.  Pernyataan ini diaminkan oleh semua peserta Fiesta. Mereka berharap kegiatan serupa bisa segera digelar PPPPTK TK dan PLB di berbagai kota. ##Jumi

Note: Untuk menonton acara lengkap Fiesta TKPLB 2021 silakan kunjungi saluran youtube PPPPTK TK dan PLB melalui link https://www.youtube.com/watch?v=i7vrjIFw100

Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan ke-3: Inspirasi untuk Negeri

Bandung (14/5) PPPPTK TK dan PLB menggelar Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan ke-3 di delapan kota perwaliannya.

Suntikan semangat dari Parlemen untuk IN Region Tasikmalaya

Tasikmalaya (21/9). Gema persiapan dan pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) mulai semarak di berbagai kota. Tasikmalaya salah satunya. Untuk

Koordinasi PKB 2018 Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta

Bandung (5/9), Tamu Yogyakarta dari Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta hadir di kampus PPPPTK TK dan PLB untuk koordinasi persiapan

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp