SEMANGAT PKB GURU TK KECAMATAN TANANTOVEA DENGAN BIAYA MANDIRI

22 September 2018

andung (22/9). Salam Luar Biasa!!! Siang ini salah satu posting teman guru yaitu ibu Milda Efan dari kecamatan Tanantovea di media sosial menarik perhatian untuk ditulis dan diberitakan kepada #SahabatBelajar. Tanantovea adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Tercatat dalam daftar program Kemitraan PPPPTK TK dan PLB dengan Kabupaten Donggala, tahun ini akan melaksanakan program PKB untuk guru TK sebanyak 12 kelas dengan moda In-On-In dan salah satunya berada di kecamatan Tanantovea. Informasi yang saya peroleh dari ibu Milda Efan bahwa guru yang mengikuti program PKB ini sebanyak 78 orang yang akan terbagi dalam 2 kelas dengan 4 jenis modul yaitu satu kelas belajar modul E dan J sedangkan kelas yang lain belajar modul D dan F. Para peserta akan dibimbing oleh Instruktur Nasional yang telah dilatih oleh PPPPTK TK dan PLB, IN yang terlibat pada pelaksanaan program ini, untuk kelas modul E-J dengan ibu Milda dan ibu Ernawati, sedangkan kelas modul D-F dengan ibu Femi widyawati dan ibu Sarlina. Sedangkan seorang lagi yaitu ibu Mutmainah turut membantu mendampingi peserta pelatihan ini. Di kabupaten Donggala sendiri memiliki 5 orang IN yang semuanya aktif menggerakkan para guru untuk tetap semangat belajar.

Pelatihan program PKB terselenggara atas inisiatif Pengurus Besar TK Pembina Kecamatan Tanantovea dan para guru yang bersemangat untuk terus belajar meningkatkan kompetensinya. Kabupaten Donggal merupakan satu dari sekian yang memiliki Pemerintah Daerah dan Organisasi Profesi yang peduli akan kualitas dan mutu Guru dan Tenaga Kependidikannya (GTK). Dengan berbekal Perjanjian Kerjasama dengan PPPPTK TK dan PLB, kegiatan ini dapat terlaksana dan pemilihan moda PKB In-On-In merupakan pilihan waktu yang sangat fleksibel dan tepat bagi para guru, karena moda ini mengakomodir waktu belajar di luar jam mengajar. Maka pada hari libur dapat digunakan untuk belajar bersama di komunitas kelompok belajar masing-masing.

Pelatihan bukalah kesempatan belajar yang mahal harganya. Pelatihan dapat dilaksanakan oleh siapa saja, dimana saja dan memiliki fasilitator yang mumpuni dan bertanggungjawab. Hal ini sudah dibuktikan oleh guru-guru di kecamatan Tanantovea dan guru-guru di daerah lainnya.

PPPPTK TK dan PLB selama kurun 3 tahun terakhir berupaya menyadarkan dan menggerakkan para guru untuk memiliki semangat terus maju dan pantang menyerah untuk terus menguasai ilmu dan meningkatkan kualitas diri agar apa yang dimiliki oleh guru dapat memberika layanan dan ilmu terbaik bagi putra-putri bangsa yang menjadi anak didiknya. Motivasi ini terus ditanamkan oleh Kepala PPPPTK TK dan PLB, Bapak Sam Yhon, MM beserta pejabat jajarannya di setiap kesempatan bertemu dengan GTK, hal ini menjadi utama bahwa Guru yang profesional memiliki tanggungjawab untuk terus meningkatkan kompetensi agar tidak tergerus perkembangan informasi dan teknologi. Maka PPPPTK TK dan PLB sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada para guru yang telah memotivasi diri untuk belajar, pada para IN dan NS yang terus menggerakkan para guru untuk belajar, pada Organisasi Profesi yang berperan aktif menggerakkan anggotanya untuk terus belajar dan membukakan kesempatan bagi guru untuk belajar, serta kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pendidikan setempat yang sudah peduli akan kebutuhan peningkatakan mutu gurunya.

Mari terus meningkatkan diri untuk menjadi profesional!!!

Shahnaz Haque: “Semangat itu Menular”

PPPPTK TK dan PLB pada hari Kamis (16/10) “kedatangan” tamu artis kenamaan, Shahnaz Haque. Beliau hadir di  webinar yang Child Development

Mari Bijak Menggunakan Medsos

JAKARTA – Kemendikbud mengingatkan soal kode etik terkait adanya oknum guru yang jadi tersangka dugaan penyebar hoax surat suara. Menurutnya,

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp