PPPPTK TK Dan PLB Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

1 July 2020

Bandung (18/6), Sosialisasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) dilaksanakan melalui media dalam jaringan. Nara sumber kegiatan ini adalah Inspektur III, Ir. Muhaswad Dwiyanto, M.Pd., CFrA,CRGP., dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud dan Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Sekretaris Jenderal Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud.

Kepala PPPPTK TK dan PLB, Drs. Abu Khaer, M.Pd., dalam pengantarnya menyampaikan bahwa PPPPTK TK dan PLB siap menjadi lembaga yang menerapkan ZI-WBK. Prof. Nunuk dalam paparannya menjelaskan yang dimaksud Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas lembaga,” jelasnya.

Senada dengan Prof. Nunuk, Bapak Muhaswad juga berkeyakinan bahwa PPPPTK TK dan PLB serta beberapa unit kerja lainnya sudah memenuhi persyaratan ZI-WBK, yang diperlukan hanya pemenuhan persyaratan administrasinya. “Sekarang yang terpenting adalah bagaimana strategi untuk memenuhi persyaratan administrasi supaya status ZI-WBK bisa didapatkan,” ulas beliau. Menurutnya, harus disusun kerangka kerja yang bersifat teknis supaya persayaratan bisa terpenuhi. Bahkan beliau mencontohkan bagaimana strategi untuk memenuhi persyaratan evaluasi publik eksternal.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan PPPPTK TK dan PLB guna penyusunan dokumen persyaratan ZI-WBK. Sebelumnya, pada Kamis 17 Juni, diadakan kegiatan diskusi yang mengundang nara sumber Dr. Yanto Permana, ketua RBI PPPPTK BMTI, yang lembaganya sudah mendapatkan status ZI-WBK. Selanjutnya,tim RBI PPPPTK dan PLB yang sudah dibagi dalam berbagai area kerja berupaya untuk mengumpulkan dan menyusun dokumen persyaratan ZI-WBK. Semoga predikat ZI-WBK bisa secepatnya diperoleh PPPPTK TK dan PLB. (JMN).

Bimbingan Teknis Strategi Meraih Predikat ZI-WBK

Bandung, (30/6) “Inovasi, inovasi, dan inovasi. Adalah hal yang selalu dilakukan PPPPTK TK dan PLB untuk menjadi lebih baik,” tegas

Deklarasi Bersama Mendukung Pendidikan Inklusif

Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo Menggelar Deklarasi bersama dalam mendukung Pendidikan Inklusif. Deklarasi dilakukan pada Selasa (25/05) di Aula PGRI Ponorogo.

Pelatihan Desain Komunikasi Visual Bagi Pengajar Praktik dan Fasilitator: Penguat Kompetensi PP dan Fasilitator PGP Angkatan 2

Pelatihan Desain Komunikasi Visual Bagi Pengajar Praktik dan Fasilitator: Penguat Kompetensi PP dan Fasilitator PGP Angkatan 2 Yogyakarta (16/5/2022) Ballroom

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp