Pelatihan K-13 Bagi Guru PAUD Kabupaten Malinau

25 September 2018

Kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru PAUD di Kabupaten Malinau dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Malinau, Bpk FX. Brata Puji Susila, S.Pd, M.Pd. Unsur lain yang hadir dalam acara pembukaan yaitu Kepala Bidang Pembinaan PTK Disdik Kab. Malinau, Kepala Seksi PTK PAUD Kab. Malinau, Kepala Seksi Program P4TK TK dan PLB, dan Ketua IGTKI Kab. Malinau serta fasilitator dari P4TK TK dan PLB.

Pelatihan K13 bagi guru PAUD di Kab. Malinau merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Kab. Malinau dengan P4TK TK PLB Bandung. Kegiatan ini akan diikuti oleh 60 orang guru yg berasal dari Kab. Malinau dan dilaksanakan dari tanggal 24 s.d 28 September 2018, bertempat di Hotel MC Malinau. Adapun yang menjadi fasilitator adalah widyaiswara dari P4TK TK dan PLB yaitu Dra. Cicih Sunarsih, M.M. dan Dadang Supriatna, M.Ed.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Malinau menyampaikan bahwa peningkatan mutu guru di Kab. Malinau masih belum merata karena minimnya kesempatan bagi guru untuk dapat mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi, masih banyak guru di beberapa daerah yang belum tersentuh. Faktor utama yang menyebabkan kondisi tersebut adalah faktor geografis dan keterbatasan sarana transportasi. Bisa dibayangkan, bagi seorang guru diperbatasan agar ia bisa mengikuti pelatihan, ia harus rela melakukan perjalanan panjang selama 3 hari 2 malam, moda transportasi yang digunakan beragam mulai dari naik sampan untuk mengitari sungai dengan alam yang ganas, kemudian berjalan kaki selama seharian melewati hutan belantara, dan disambung lagi dengan tranportasi darat untuk menuju lokasi pelatihan. Beliau berpesan agar pemerintah pusat dapat memperhatikan secara khusus kondisi guru-guru yang ada di Malinau terutama yang berada di perbatasan. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena P4TK TK dan PLB telah hadir di Malinau untuk bersama-sama dalam memajukan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala Seksi Program PPPPTK TK dan PLB, Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si menyampaikan bahwa guru harus selalu untuk melakukan peningkatan kompetensi sebagaimana diamanatkan dalam pasal 20 UU 14/2005. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengikuti program pelatihan Kurikulum 2013. Berkenaan dengan kurikulum, Kurikulum 2013 disempurnakan dengan adanya restrukturisasi kompetensi dasar. Di samping itu pada pelatihan kurikulum 2013 ditambahkan materi terkait dengan (1) Penguatan Pendidikan Karakter; (2) Gerakan Literasi Nasional; dan (3) Keterampilan Abad 21 (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration atau 4C). Beliau berpesan agar setelah selesai dari kegiatan ini para peserta terus belajar dan dapat pula mendiseminasikan ilmu yang diperoleh ke guru lain yang belum berkesempatan ikut dalam pelatihan ini. Semoga pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Malinau dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kab. Malinau.

 

Apresiasi bagi Penyelenggara SAKIP dan Kinerja Anggaran Pemerintah Terbaik 2021 di Lingkungan Ditjen GTK

Jakarta, 5 April 2022 — Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan

Pembukaan Training of Teachers Trainers for Special Needs Educators di SEAMEO SEN Malaka, Malaysia

[Malaka] Program Pelatihan bagi Guru Pendidikan Khusus yang diselenggarakan di SEAMEO SEN Malaka Malaysia secara resmi dibuka oleh Pemangku Pengarah

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp