PANDUAN DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2021

4 November 2021

A. Waktu dan Tempat

Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 25 Mei s.d 2 September 2021 melalui moda luring atau tatap muka. Pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah dirancang dalam 4 (empat) tahap, yaitu OJT 1, IST 1, OJT 2,dan IST 2 dengan pola 300 (tiga ratus) jam pelajaran (JP) @ 45 menit. OJT 1 dilaksanakan selama 20 (dua puluh) JP, IST 1 dilaksanakan selama 50 (lima puluh) JP, OJT 2 dilaksanakan selama 200 JP, dan IST 2 dilaksanakan selama 30 (tiga puluh) JP.

B. Pengajar Diklat

Pengajar pada kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ini adalah:

No Nama Pengajar Diklat Instansi
1 Dr. Hj. Ai Sofiyanti, M.Pd PPPPTK TK dan PLB
2 Drs. Rudy Budiman, M.Pd PPPPTK TK dan PLB
3 Dadang Supriatna, M.Ed PPPPTK TK dan PLB
4 Dr. Endang Herawan, M.Pd Universitas Pendidikan Indonesia
5 Dr. Achmad Mudrikah, M. Pd Universitas Islam Nusantara
6 Mangasa Aritonang, M.A., Ph.D BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata

C. Peserta

Peserta kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat adalah sebanyak 119 orang guru SMA, SMK dari Provinsi Jawa Barat (Daftar peserta terlampir)

D. Panitia

Panitia pada kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat berasal dari unsur PPPPTK TK dan PLB.

NAMA JABATAN
Pengarah
Drs. Abu Khaer, M.Pd Kepala PPPPTK TK PLB
Narasumber
Dr. Joko A. Julifan, M.Si
Dr. Agus Mulyadi, M.Pd
Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd
Dr. Hermansyah, M.Pd
Penanggung Jawab Kegiatan
Aam Sudrajat, S.Si., M.Ed.
Pengadministrasi
Tina Marlina, S.Pd Ketua
NAMA JABATAN
Aan Anita, S.Pd Anggota
Rika Saptaningrum, S.Pd.,M.Pd Anggota
Intan Nursanti, S.Pd.,M.Pd Anggota
Nur Endah Saputri, S.Pd Anggota
Hendra Koswara, S.Pd Anggota
Nindya Fraya Maharani Pagih Anggota

E. Struktur Program dan Deskripsi Mata Diklat

Struktur program dan deskripsi mata Diklat Calon Kepala Sekolah sebagaimana tertera pada Tabel berikut.

Tabel Struktur Program Diklat Calon Kepala Sekolah

 

 

No Mata Diklat Waktu (JP)
On the Job Training (OJT) 1
1 Penjelasan Teknis 1
2 Pendalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan) 10
3 Identifikasi masalah pembelajaran 4
4 Perumusan Ide/Gagasan Inovasi 4
5 Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian 1
  JUMLAH 20
In Service Training (IST) 1
1. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2
2. Tes Awal 1
3. Pembentukan Karakter 9
4. Materi Pokok Calon Kepala Sekolah  
  a.    Manajerial Sekolah 9
  b.    Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan 9
  c.    Pengembangan Kewirausahaan 10
5. Rencana Tindak Lanjut 9
6. Tes Akhir 1
JUMLAH 50
On the Job Training (OJT) 2
1. Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di Sekolah Asal 130
2. Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang 40
3. Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL 30
 

JUMLAH

 

200

 

No Mata Diklat Waktu (JP)
In Service Training (IST) 2
1. Penjelasan Teknis IST 2 1
2. Presentasi dan Gelar Karya 25
3. Refleksi Pelaksanaan RTL 3
4. Evaluasi Diklat 1
JUMLAH 30
JUMLAH TOTAL 300

Tabel Deskripsi Mata Diklat Calon Kepala Sekolah

No Mata Diklat Tujuan Output Kegiatan Perangkat/ Instrumen

Kegiatan

On the Job Training (OJT) 1
1 Penjelasan Teknis Mengetahui tahapan diklat dan kegiatan yang wajib dilakukan oleh peserta serta mengetahui sistem penilaian diklat Kesiapan peserta diklat untuk melaksanakan kegiatan setiap tahap diklat Paparan Penjelasan Teknis
2 Pendalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi Guru dan Tendik, Manajerial, dan Pengembangan Kewirausahaan) Meningkatkan pengetahuan peserta tentang Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi guru dan tendik, Manajerial, dan Pengembangan kewirausahaan, untuk membantu mengidentifikasi masalah pembelajaran dan menemukan ide/gagasan

Inovasi

Meningkatnya pengetahuan tentang (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi Guru dan Tendik, Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, untuk membantu mengidentifikasi masalah pembelajaran dan menemukan ide/gagasan inovasi 1.                Paparan Pendalaman Materi

2.                Instrumen Refleksi

3 Identifikasi masalah pembelajaran Menemukan masalah pembelajaran Hasil identifikasi masalah pembelajaran 1.                Paparan Identifikasi Masalah Pembelajaran

2.                Instrumen Identifikasi Masalah Pembelajaran

4 Perumusan Ide/ Gagasan Inovasi Menemukan ide/gagasan inovasi untuk pemecahan masalah pembelajaran Uraian hasil ide/gagasan inovasi pemecahan masalah pembelajaran 1.                Paparan Perumusan Ide/Gagasan Inovasi

2.                Rambu-Rambu Penyusunan Ide/Gagasan Inovasi

5 Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian Memetakan tingkat penguasaan kompetensi peserta Hasil Pemetaan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian Instrumen Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian
No Mata Diklat Tujuan Output Kegiatan Perangkat/ Instrumen

Kegiatan

In Service Training (IST) 1
1 Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Memahami arah kebijakan berkaitan dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah Meningkatnya pemahaman peserta terkait kebijakan berkaitan dengan Permendikbud Nomor 6

Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah

Paparan kebijakan terkait:

1)      Program Merdeka Belajar

2)      Pilar Perwujudan

student wellbeing

3)      Penugasan guru sebagai Kepala Sekolah

2 Tes Awal Mengukur kemampuan awal

peserta

Hasil tes awal peserta Instrumen tes awal
3 Pembentukan Karakter Membekali kompetensi kepribadian dan sosial sebagai pemimpin pembelajaran Hasil pelaksanaan coaching dan mentoring, dan pembentukan karakter 1.      Instrumen Pelaksanaan Praktik Coaching dan Mentoring

2.      Instrumen Refleksi Pembentukan Karakter

4 Manajerial Sekolah Meningkatkan kemampuan analisis pengelolaan sekolah untuk melakukan pemecahan masalah pembelajaran Hasil Analisis Perencanaan Program Sekolah dan Monev Pelaksanaan Program Instrumen Merencanakan Program Sekolah dan Melaksanakan Monev
5 Supervisi Guru dan Tendik Meningkatkan kemampuan melaksanakan supervisi guru dan tendik untuk memecahkan masalah pembelajaran Hasil simulasi supervisi guru dan tendik sesuai dengan ketentuan Instrumen Pelaksanaan Supervisi Guru
6 Pengembangan Kewirausahaan Mampu menyusun pemecahan masalah pembelajaran dalam rangka pengembangan sekolah Hasil gagasan/inovasi dalam pemecahan masalah pembelajaran Matriks deskripsi gagasan inovasi

peningkatan kualitas pembelajaran

7 Rencana Tindak Lanjut (RTL) Menyusun RTL berupa:

1)     Jadwal RTL

2)     Rencana Proyek Kepemimpinan dalam mengatasi masalah pembelajaran

3)     Peningkatan Kompetensi

Hasil Penyusunan RTL 1)      Contoh Jadwal pelaksanaan RTL

2)      Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan Kepemimipinan (RPK)

3)      Matrik Peningkatan Kompetensi (PK)

4)      Format Lembar Monitoring RPK

5)      Format Lembar Evaluasi RPK

6)      Rambu-Rambu Penyusunan Laporan RTL

7)      Rambu-rambu Penyiapan Bahan dan Skenario Gelar Karya

8)      Rambu-rambu Pembuatan Video Gelar Karya

8 Tes Akhir Mengukur kemampuan peserta

setelah selesai mengikuti IST 1

Hasil tes akhir peserta Instrumen Tes Akhir
On the Job Training (OJT) 2
1. Pelaksanaan Rencana                     Proyek Kepemimpinan (RPK) di Sekolah

Asal

Mampu melaksanakan RPK di sekolah asal Hasil Pelaksanaan RPK Kerangka                            Laporan Pelaksanaan RPK

 

No Mata Diklat Tujuan Output Kegiatan Perangkat/ Instrumen

Kegiatan

2. Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang Mampu melaksanakan PK di sekolah Magang Hasil Pelaksanaan PK Kerangka Laporan Hasil Pelaksanaan PK
3. Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL Mampu menyusun Laporan Laporan Pelaksanaan RTL Kerangka Laporan RTL
In Service Training (IST) 2
1 Penjelasan Teknis

IST 2

Menjelaskan alur pelaksanaan

IST 2

Alur pelaksanaan IST 2 Bahan Tayang
2 Presentasi dan Gelar Karya Mengukur performansi secara komprehensif terhadap pelaksanaan RTL Nilai presentasi Instrumen Penilaian Presentasi
3 Refleksi Pelaksanaan RTL Merefleksikan keseluruhan pelaksanaan RTL Hasil refleksi Instrumen Refleksi
4 Evaluasi Diklat Mengetahui kualitas penyelenggaraan diklat Data hasil evaluasi Instrumen Evaluasi Diklat

F. Jadwal Kegiatan

  1. Pembimbingan OJT 1

Peserta diklat melaksanakan OJT 1 selama 10 (sepuluh) hari dengan kewajiban menyelesaikan aktivitas pembelajaran adalah 2 (dua) JP per hari. Peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor 1 dan pengajar diklat saat melaksanakan dan menyelesaikan tugas OJT 1. Pembimbingan oleh pengajar diklat dilaksanakan selama 8 (delapan) JP @ 45 menit, atau 1 (satu) hari pada hari pertama kegiatan OJT 1 yaitu dimulai tanggal 25 Mei 2021.

Tabel Jadwal Pelaksanaan Pembimbingan OJT 1 oleh Pengajar Diklat

Jam ke Mata Diklat Keterangan
1 Penjelasan Teknis 1.      Peserta       tetap melaksanakan dan menyelesaikan tugas OJT 1 di luar jadwal pembimbingan sesuai dengan durasi waktu yang diberikan

2.      Tugas OJT 1 peserta dibawa dan dinilai pada saat IST 1

2 Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK)
3 Pedalaman    Materi    (Kepemimpinan                     Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan)
4 Pedalaman    Materi    (Kepemimpinan                     Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan)
5 Identifikasi masalah pembelajaran
6 Identifikasi masalah pembelajaran
7 Perumusan Gagasan/Inovasi
8 Perumusan Gagasan/Inovasi

2. Pelaksanaan IST 1

IST 1 dilaksanakan di tempat kegiatan yang ditentukan oleh penyelenggara diklat. Durasi pelaksanaan IST 1 adalah 50 (lima puluh) JP atau setara dengan 5 (lima) hari.

No Jam Ke Hari1 Hari 2 Hari 3 Hari 4 Hari 5
    8/6 9/6 10/6 11/6 12/6
1 1 A1 B2 B3.a B3.c B4
2 2 A1 B2 B3.b B3.c B4
3 3 B1 B3.a B3.b B3.c B4
4 4 B2 B3.a B3.b B3.c B4
5 5 B2 B3.a B3.b B3.c B4
6 6 B2 B3.a B3.b B3.c B4
7 7 B2 B3.a B3.b B3.c B4
8 8 B2 B3.a B3.b B3.c B4
9 9 B2 B3.a B3.b B3.c B4
10 10 B2 B3.a B3.b B3.c B5
11 11 Refleksi
12 12 Refleksi

Keterangan:

A1         : Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan B1        : Tes Awal

B2         : Pembentukan Karakter (Character Building)

B3.a : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Manajerial Sekolah

B3.b      : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

B3.c      : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Pengembangan Kewirausahaan

B4 : Rencana Tindak Lanjut

B5 : Tes Akhir

3. Pembimbingan OJT 2

OJT 2 dilaksanakan selama 9 (sembilan) pekan dengan kewajiban per hari adalah 3 (tiga) sampai 4 (empat) JP. Peserta akan mendapatkan bimbingan dari pengajar diklat secara luring selama 3 (tiga) kali dengan durasi 10 (sepuluh) JP @ 45 menit, untuk setiap kali pembimbingan. Jadwal pelaksanaan pembimbingan OJT 2 secara luring tertera pada Tabel berikut.

Tabel Jadwal Pelaksanaan Pembimbingan OJT 2 Moda Luring

 

 

Pembimbingan Ke Minggu Ke Mata Diklat Waktu
1 3 Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan(RPK) di sekolah asal 10 JP
 

2

 

5

1.    Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di Sekolah Asal (8 JP)

2.    Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang (2 JP)

 

10 JP

Pembimbingan Ke Minggu Ke Mata Diklat Waktu
 

3

 

8

1.      Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di sekolah Magang (4 JP)

2.      Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL (6JP)

 

10 JP

4. Pelaksanaan IST 2

Kegiatan IST 2 dilaksanakan di tempat yang ditentukan oleh penyelenggara diklat. Durasi pelaksanaan kegiatan IST 2 adalah 30 (tiga puluh) JP @ 45 menit atau setara dengan 4 (empat) hari yaitu tanggal 30 Agustus – 2 September 2021.

Tabel Jadwal Pelaksanaan Diklat IST 2 Moda Luring*)

No Jam Ke Hari1 Hari 2 Hari 3 Hari 4
1 1 D1 D2 D2 D2
2 2 D2 D2 D2 D2
3 3 D2 D2 D2 D3
4 4 D2 D2 D2 D3
5 5 D2 D2 D2 D3
6 6 D2 D2 D2 D4
7 7 D2 D2 D2  
8 8 D2 D2 D2  
9 Refleksi
10 Refleksi

Keterangan:

D1 : Penjelasan Teknis IST 2

D2 : Presentasi dan Gelar Karya

D3 : Refleksi Pelaksanaan RTL

D4 : Evaluasi Diklat

Diklat Daring “Pembelajaran Applied Behaviour Analysis (ABA) Untuk PDBK Dengan Hambatan Autisme Bagi Guru SLB Dan Sekolah Inklusif”

  Diklat Daring “Pembelajaran Applied Behaviour Analysis (ABA) Anak Autis Bagi Guru SLB Dan Sekolah Inklusi” Interaksi sosial dan komunikasi

Diklat Daring “Penanganan Kesulitan Belajar Spesifik Berhitung Bagi Peserta Didik SD Inklusif (DISKALKULIA)”

PPPPTK TK dan PLB Cloud Teacher Training : Penanganan Kesulitan Belajar Spesifik Berhitung Bagi Peserta Didik SD Inklusif (DISKALKULIA) Dalam

Diklat Calon Kepala Sekolah Moda Daring Dinas Pendidikan Kota Bekasi Tahun 2021

A. Waktu dan Tempat Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Kota Bekasi ini dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus s.d 26

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp