Media Belajar Anak Tuna Grahita

2 April 2019

Langkah penggunaan media

Gambar kegiatan keluargaku pada pagi hari

  1. Buka mediagambar keluarga pada pagi hari
  2. Guru memperlihatkan gambar kepada siswa
  3. Guru menarik kertas di bagian samping
  • Paling atas untuk memunculkan piring
  • Tengah untuk memunculkan sendok
  • Paling bawah untuk memunculkan makanan
    1. Melalui gambar tersebut guru dapat memperkenalkan nama peralatan makan.
    2. Selain itu guru juga dapat melatih siswa menghitung jumlah peralatan makan yang ada.

Papan peralatan makan

  1. Siswa diperlihatkan papan peralatan makan yang terdiri dari sendok, garpu, piring, dan gelas
  2. Siswa secara aktif dengan bimbingan guru menempel satu per satu peralatan makan .
  3. Guru juga dapat meminta siswa benda tertentu untuk ditempel misalkan “ayo tempel sendok” ataupun benda lain.
  4. Selanjutnya siswa dengan bimbingan guru menghitung bersama gambar peralatan makan yang sudah ditempel.

Mozaik peralatan makan (piring)

  1. Siswa diperlihatkan gambar piring
  2. Guru memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mozaik.
  3. Siswa dengan dibimbing guru meratakan lem di atas gambar piring.
  4. Kemudian siswa dengan bimbingan guru menempel satu per satu jagung dan kacang hijau di atas gambar
  5. Biarkan siswa berekspresi sesuai keninginan.

Sumber :

https://meenta.net/media-pembelajaran-tunagrahita/

jurnal_inklusi_oktober_2020

Your browser does not support PDF viewer Download PDF File Here   Download PDF File Here

“Surat Cinta” Guru ke Orangtua Murid

Ni Komang Sutarmi tak kuasa menahan rasa haru ketika membacakan sepucuk surat. Raut mukanya sedih. Suaranya lirih tak mampu lagi

Banyak Orangtua ABK Yang Mengharapkan Anaknya Tetap Berada Di Sekolah

Banyak Orangtua ABK Yang Mengharapkan Anaknya Tetap Berada Di Sekolah

Hal ini disampaikan oleh Drs. Bakhtiar Nur Hidayat Kabid Pendidikan Khusus Dinas Dikpora Provinsi DIY pada acara pembukaan kegiatan Pelatihan

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp