Pembelajaran AdHM
Program Model Anak dengan Hambatan Majemuk (AdHM) adalah inovasi dalam menyiapkan guru dan sekolah yang berkualitas dalam mendidik AdHM

LATAR BELAKANG
Estimasi anak-anak dengan hambatan majemuk (AdHM) yang dapat mengakses pendidikan hanya sekitar 20%, dan 80% dari mereka masih tertinggal di rumah atau panti dan tidak tersentuh layanan pendidikan. Permasalahan ini sangat dipengaruhi oleh kurangnya guru-guru yang terlatih dalam mendidik anak-anak pada populasi ini serta didukung dengan rendahnya pengetahuan orang tua tentang hak pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka.
Pengembangan model program untuk AdHM di desain untuk menjawab kebutuhan akan adanya layanan pendidikan yang berkualitas.
Tujuan akhir dari program ini adalah anak-anak ini akan mendapatkan layanan Pendidikan yang unggul dan akan lebih banyak anak-anak yang teridentifikasi yang akan bersekolah. Lebih lanjut, sekolah-sekolah ini akan menjadi model bagi sekolah lain di Indonesia.
SASARAN
- Sekolah-sekolah yang memiliki AdHM
- Guru-guru yang bekerja dengan AdHM
OUTPUT
- Meningkatnya sikap, pengetahuan dan ketrampilan guru SLB dalam mendidik anak-anak dengan hambatan majemuk.
- Meningkatnya partisipasi orang tua dan pengasuh dalam proses Pendidikan anak-anak mereka.
- Meningkatnya komitmen pemegang kebijakan dalam meningkatkan kuliats Pendidikan AdHM di sekolah mereka.
AKTIVITAS
- Pelatihan yang terbagi dalam 2 tahap.
- Mentoring individual kepada para guru.
- Workshop orangtua dan pengasuh
- Pengembangan kurikulum berpusat pada peserta didik
- Diskusi Terpumpun pemimpin pembelajaran
- Asesmen fungsional penglihatan
- Pembentukan tim kerja AdHM
- Asesmen dan Evaluasi
SEKOLAH YANG PERNAH BEKERJASAMA
- SLB Negeri Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.
- SLB Negeri Kota Bandung, Jawa Barat
- SLB Negeri Pembina Provinsi DIY.
- SLB Negeri 1 Bantul, DIY.
DOKUMENTASI