Guru Diganti dengan Robot?

20 September 2019

Semakin berkembangnya teknologi, terutama di bidang kecerdasan buatan atau Artificial Inteligent (AI) membawa banyak kemudahan pada manusia. Lihat saja begitu mudahnya googling. Robot pelayan, bahkan robot hewan piaraan. Namun, di sisi lain ada kekhawatiran tersendiri. Misalnya saja apakah suatu saat, peran Guru akan digantikan oleh AI atau Robot?

Tak perlu khawatir #SahabatLuarBiasa! AI tidak akan menggantikan guru. Peran guru tetaplah penting. Namun AI bisa menjadi alat untuk mempermudah. Baik itu untuk aktivitas di kelas atau pengadministrasian.

Pemanfaatan AI di dunia Pendidikan tersaji dalam gelaran acara International Confrence on Embedding Artificial Intligent in Education Policy and Practice for Southeast Asia di Hotel Holiday Inn, Jakarta pada Kamis (19/09). PPPPTK TK dan PLB selaku UPT Kemdikbud juga turut andil dalan konfrensi internasional selama dua hari ini. Yakni dengan menghadirkan Widyaiswara, Ibu Toufani Lesmanawati.

“Justru AI akan membantu guru,” terang @ofaofa saat membawakan materi berjudul AI Development in Early Childhood Education Settings.

Pengembangan AI di dunia pendidikan sudah harus dimulai sejak dini. Bahkan dari jenjang TK. Di tengah gempuran perubahan zaman, tentu guru TK dituntut untuk menyiapkan anak-anak usia dini agar tanggap terhadap berbagai perubahan. “Terutama dalam menyongsong era industri 4.0,” ungkap WI Departemen TK @p4tk.tkplb.kemdikbud ini.

Konfrensi Internasional sendiri diikuti oleh berbagai negara kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam SEAMEO (Southeast Asia Ministry of Education Organization). Topik-topik yang diambil menitikberatkan pada pengembangan AI di dalam dunia pendidikan. Baik secara praktis maupun mengenai kebijakan yang mendukung ke arah tersebut. (*)

Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Kabupaten Kuningan, Menuju Kabupaten Pendidikan yang Inklusi Tahun 2025

Kuningan (14/5), Kemeriahan perhelatan Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan ke-3 di Sangkan Park Hotel, Kabupaten Kuningan

Audiensi Direktur Jenderal GTK Iwan Syahril dengan Staf Khusus Presiden RI Angkie Yudistia

Bapak Iwan Syahril, Dirjen GTK melakukan audiensi dengan Ibu Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI, Bidang Sosial, Jumat, (14/1) di

Yuk Ramaikan Hari Guru Nasional dengan Twibbon Semarak Karya BBGP Jabar

Yuk Ramaikan Hari Guru Nasional dengan Twibbon Semarak Karya BBGP Jabar

Halo Sahabat BBGP Jawa Barat Salam sehat dan salam sejahtera. Mari kita meriahkan kegiatan Semarak Karya Transformasi Pendidikan Berbasis Komunitas

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp