Diklat Program Sekolah Ramah Anak Tahap 2 Bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021

4 November 2021

 

A. Waktu dan Tempat

Pelaksanaan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini dilaksanakan secara tatap muka ( luring ) pada tanggal 2 s.d 4 November 2021. Kegiatan ini bertempat di SDN 25 Banda Aceh, SDN 56 Banda Aceh dan SDN 20 Banda Aceh.

B. Fasilitator

Narasumber pada kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini adalah sebagai berikut:

No Nama Instansi
1 Nita Harini, M.Pd PPPPTK TK dan PLB
2 Dede Supriyanto, S.Pd., M.Ed PPPPTK TK dan PLB
3 Sri Handajani, S.Sos.,MM PPPPTK TK dan PLB
4 Tia Nurmeliawati, M.Psi PPPPTK TK dan PLB

C. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 59 orang Guru SD terdiri dari: 19 orang guru dari SDN 25 Banda Aceh, 20 orang guru dari SDN 56 Banda Aceh dan 20 orang guru dari SDN 20 Banda Aceh. (daftar peserta terlampir).

D. Panitia

Susunan Kepanitiaan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

NAMA JABATAN
Pengarah
Drs. Abu Khaer, M.Pd Kepala PPPPTK TK PLB
Narasumber
Dr. Joko A. Julifan, M.Si Kepala Bagian Tata Usaha PPPPTK TK dan PLB
Dr. Agus Mulyadi, M.Pd Kapokja Teknologi Informasi dan Pembelajaran PPPPTK TK dan

PLB

Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd Kapokja Humas dan Kerjasama PPPPTK TK dan PLB
Dr. Hermansyah, M.Pd Kapokja Peningkatan Kompetensi PPPPTK TK dan PLB
Penanggung Jawab Akademis
Nita Harini, M.Pd
Panitia
Aan Anita, S.Pd Ketua
Dra. Ati Suciati Anggota
Diah Rani Nuraeni, S.Pd Anggota
Moch. Fajar Ekawarna Anggota
Panitia dari Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Anggota
Panitia dari Save Education Aceh (SEA) Anggota
Panitia dari Save Education Aceh (SEA) Anggota

E. Struktur Program

Struktur program dari Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 dapat dilihat dalam Tabel berikut

A. Umum
Kebijakan PPPPTK TK dan PLB 2 Kepala PPPPTK

TK dan PLB

B Pokok
B3 Pengembangan Program dan 15 Tim Fasilitator:
Kurikulum bagi Anak Dede Supriyanto
Berkebutuhan Khusus Nita Harini
B3.1 Perencanaan berpusat pada anak 5 Sri Handajani
berdasarkan hasil asesmen dengan Tia Nurmeliawati
melibatkan keluarga (PPI)
B3.2 Model Pengembangan Kurikulum 3
B3.3 Penerapan Model Pengembangan 3
Kurikulum
B3.4 Penyusunan RPP 4
B4 Strategi Pembelajaran dan 15
Pengelolaan Kelas dalam Seting
Sekolah Inklusif
B4.1 Strategi pembelajaran efektif 4
B4.2 Menciptakan Lingkungan 4
Pembelajaran yang Positif dan
Suportif
B4.3 Pengembangan Media 4
Pembelajaran
B4.4 Evaluasi Pembelajaran dalam 3
setting Pendidikan Inklusi.
B5 Pelaksanaan Praktik Lapangan 10
C Penunjang
C1 Rencana Tindak Lanjut 1 Tim Fasilitator
C2 Pretest dan Postest 2
Jumlah 45

F. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini sebagai berikut.

Jam H1 H2 H3
2/11 3/11 4/11
07.30 – 08.15 Pre test B3 B4
08.15 – 09.00 B3 B3 B4
09.00 – 09.45 B3 B3 B4
09.45 – 10.15 B3 B3 B4
10.15 – 11.00 B3 B3 B4
11.45 – 12.30 B3 B3 B4
12.30 – 13.30 Istirahat
13.30 – 14.15 B3 B4 B4
14.15 – 15.00 B3 B4 B4
15.00 – 15.45 B3 B4 B4
15.45 – 16.30 B3 B4 B4
16.30 – 17.15 B3 B4 Post Test
17.15 Penutupan

Ket:

B3: Pengembangan Program dan Kurikulum bagi Anak Berkebutuhan Khusus

B4 : Strategi Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas dalam Seting Sekolah Inklusif

G. Pendanaan

Biaya pelaksanaan kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi ini bersumber dari PPPPTK TK dan PLB Tahun Anggaran 2021

Panduan Diklat Guru Sahabat Keluarga Tahap 2 (Rev-2a)

Panduan Diklat Guru Sahabat Keluarga Tahap 2 (Rev-2a)

A.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan diklat Guru Sahabat Keluarga Tahap 2– Mengembangkan Peran keluarga dalam Pembelajaran ini dilaksanakan secara luring

Diklat Daring Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Berbasis Peserta Didik (PKB-BPD) Bidang TK dan PLB Gelombang 1

DESKRIPSI PPPPTK TK dan PLB merupakan lembaga yang berperan dalam peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bagi guru dan tenaga

Diklat Daring “Pembelajaran Diskrit Time Trial (DTT) Hambatan ADHD”

Definisi perilaku bermasalah dengan hambatan ADHD sangat bervariasi dan tergantung pada berbagai perspektif. National Research Council (2001) mengemukakan bahwa apabila dilihat dari

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp