Ada kardus bekas tidak terpakai? Jangan di buang!!

6 May 2019

Ya!… jangan di buang!, karena kita bisa membuat apa saja dari bahan kardus ini. Dengan sedikit usaha, menyiapkan alat, bahan, tenaga dan kreativitas, kita bisa membuat mainan untuk si kecil. Misalnya, bisa kita buat menjadi rumah-rumahan, mobil-mobilan, gerai jualan, dan sebagainya. Memang sudah banyak mainan lucu yang di jual di pasaran, akan tetapi membuat sendiri mainan anak juga akan lebih menyenangkan karena kita bisa menuangkan kreativitas dan memberikan sentuhan-sentuhan artistik khas pembuatnya. Selain itu, membuat mainan sendiri tentunya memiliki nilai ekonomis serta membantu mengurangi sampah.

Bermodalkan keinginan untuk menyenangkan hati si kecil, kardus ini bisa kita sulap menjadi mainan. Bahkan kita juga bisa menyiapkan menjadi alat permainan edukatif di taman kanak-kanak, yang dapat membantu kita mengelola kelas baik itu model area, sentra, sudut maupun kelompok. Tahun ajaran baru akan tiba, Ramadhan juga telah tiba, ayo ngabuburit dengan membuat alat permainan edukatif sendiri!

Agar mainan kardus ini bisa kita manfaatkan multifungsi, maka dapat kita buat dasarnya secara umum, dan pernik-pernik tambahannya bisa disesuaikan dengan tema pembelajaran yang berlangsung.

Alat dan bahan yang dapat kita gunakan terdiri dari: kardus bekas ukuran besar, gunting, cutter, lem putih, selotif, penggaris, kertas warna-warni, kain perca, spidol, cat pewarna beserta kuas lukis, dsb.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan kardus bekas kemasan berukuran besar, yang dapat memuat ukuran anak berdiri di dalamnya.
  2. Buat rancangan desain gambar yang diinginkan
  3. Siapkan cutter dan gunting untuk memotong dan membentuk kardus sesuai desain
  4. Lapisi kardus dengan kertas warna, atau kain, atau memulasnya dengan cat pewarna
  5. Beri hiasan dan penguat tiap sudut potongan kardus agar aman untuk anak, misalnya dengan melapisinya dengan selotif atau menggunting dengan sudut melengkung, sehingga tidak meninggalkan sudut-sudut yang runcing.

Cara memainkannya:

Pada saat kegiatan market day misalnya, rumah kardus ini dapat kita mainkan menjadi gerai jualan. Atau di sudut/area/sentra bermain peran/drama, anak-anak akan menggunakan rumah kardus ini sebagai rumah, dapur, pasar, panggung boneka atau bahkan loket pendaftaran di klinik hewan. Guru atau orang tua selanjutnya membuat suplemen pelengkap untuk memperkuat tema.

Berikut contoh penggunaan 1 model rumah kardus, untuk berbagai fungsi.

Menjadi klinik hewan

Demikian 2 contoh bentuk rumah kardus dengan fungsinya masing-masing, selanjutnya Saudara dapat kembangkan menjadi fungsi yang lain sesuai keperluan. Semoga menginspirasi… Salam Kreasi!! 😉  (Sadiah Kusumahwati)

Orientasi Pendampingan PSP Angkatan 1 dan Lokakarya Kurikulum 1 PSP Angkatan 2

Orientasi Pendampingan PSP Angkatan 1 dan Lokakarya Kurikulum 1 PSP Angkatan 2

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui salah satu UPT yaitu Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat (BBGP Jabar)

BBGP Jabar Berkolaborasi Lebih Erat, Berinovasi Lebih Hebat, dan Berbagi Lebih Banyak

BBGP Jabar Berkolaborasi Lebih Erat, Berinovasi Lebih Hebat, dan Berbagi Lebih Banyak

Bandung (21/11) Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat (BBGP Jabar) menyelenggarakan Semarak Karya Transformasi Pendidikan Berbasis Komunitas Belajar yang diselenggarakan

Sudahkah MRT Ramah Bagi Disabilitas?

#SahabatLuarBiasa pasti tahu ya moda transportasi massal yang lagi heboh beberapa hari belakangan ini. Ya, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp