WordPress database error: [Disk full (/tmp/#sql_39d_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device")]
SHOW FULL COLUMNS FROM `vs_options`

WordPress database error: [Disk full (/tmp/#sql_39d_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device")]
SHOW FULL COLUMNS FROM `vs_options`

WordPress database error: [Disk full (/tmp/#sql_39d_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device")]
SHOW FULL COLUMNS FROM `vs_options`

WordPress database error: [Disk full (/tmp/#sql_39d_0.MAI); waiting for someone to free some space... (errno: 28 "No space left on device")]
SHOW FULL COLUMNS FROM `vs_options`

Mentoring untuk Para Trainer – BBGP Provinsi Jawa Barat

Mentoring untuk Para Trainer

5 March 2019

PPPPTK TK dan PLB sebagai lembaga pelatihan guru tidak pernah berhenti meningkatkan kompetensi para Trainer (widyaiswara). Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di PPPPTK TK dan PLB adalah mentoring para trainer yang dilakukan oleh Mentor dan Coach Multiple Disability with Visual impairment (MDVI )Perkins. Tujuan dari mentoring ini adalah untuk melatih para trainer agar menerapkan strategi-strategi mengajar kepada anak-anak dengan disabilitas majemuk, memperkaya pengalaman dan memperdalam pengetahuan yang dimiliki sekaligus juga melakukan handling class.

Kegiatan Handling class kali ini diikuti oleh dua orang anak dengan dengan disabilitas majemuk yang berbeda. Yang satu masih memiliki penglihatan yang terbatas dan tuli, sementara anak kedua totaly blind, Celebral Palsy dan Tuli. Kegiatan pembelajaran hari ini dimulai dengan :
1. Lingkaran pagi : sesi lingkaran pagi dimulai dengan mengucapkan salam, berbicara tentang perasaan anak hari ini, kemudian menjelaskan apa yang akan dilakukan sepanjang hari.
pada tahapan ini dilakukan aktivitas komunikasi yang masih pada level non verbal. Guru memfasilitasi keterampilan komunikasi dengan strategi komunikasi total yang meliputi simbol kongkrit, gestur dan bicara .
untuk mengungkapkan perasaan disimbolkan dengan tekstur yang berbeda. Senang disimbolkan dengan tekstur kain yang lembut. sedangkan marah disimbolkan dengan tekstur yang kasar

Guru menjelaskan jadwal kegiatan yang akan dilakukan selama sesi pembelajaran dengan menggunakan simbol-simbol benda kongkrit untuk mewakili kegiatan2 yang dilakukan oleh anak. Misalnya: Karpet yang diduduki anak sebagai simbol aktivitas lingkaran pagi, piring sebagai simbol makan, gelas sebagai simbol minum, dan busa sebagai simbol mencuci piring.

2. Kegiatan Pengembangan Motorik Kasar : pengembangan motorik kasar tujuan pada tahap ini : mengenal konsep tubuh, tangan ke atas- tangan ke bawah mengembanglan komunikasi (anak disimpan ditengah), mengembangkan kegiatan sosialisasi “ bermain” diantara anak, mengembangkan area-area perkembangan yang lain. Kali ini dengan menggunakan parasut.
3. membuat minum : kegiatan ini lebih untuk mengembangkan motorik halus, rutin, bina diri, memilih/kemampuan menentukan keinginan dan komunikasi
4. aktivitas makan makan : anak-anak belajar makan dengan menggunakan sendok untuk melatih kemampuan bina diri
5. mecuci piring/peralatan makan dan minum orientasi mobiltas, tanggung jawab, disiplin, bina diri
6. Lingkaran siang : kegiatan ini merupakan aktivitas penutup untuk sesi pembelajaran hari ini.

Observasi ke Sekolah Permata Kurnia

#sahabatluarbiasa hari ini (4/03) penulis dan rekan-rekan guru peserta pelatihan dari Indonesia mengunjungi Pusat Permata Hati Kuala Lumpur Malaysia. ini

Fasilitasi Praktikum MTs. Insan Madani : Ternyata Ilmu IPA dijumpai pada kehidupan sehari-hari

BBGP Jawa Barat menerima kunjungan dari siswa-siswi MTs. Insan Madani kelas 7, 8 dan 9 sebanyak 71 siswa pada tanggal

Semua Bisa di Rumah Bisabilitas

Siang itu cukup terik. Sedikit demi sedikit peluh mulai membahasi batik ciprat yang kami kenakan. Meski sedang berpuasa, panas yang

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp