PANDUAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH KABUPATEN INDRAMAYU
4 November 2021
A. Waktu dan Tempat
Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Indramayu dilaksanakan pada tanggal 6 Mei s.d 19 Agustus 2021 melalui moda luring untuk tatap muka. Pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah dirancang dalam 4 (empat) tahap, yaitu OJT 1, IST 1, OJT 2,dan IST 2 dengan pola 300 (tiga ratus) jam pelajaran (JP) @ 45 menit. OJT 1 dilaksanakan selama 20 (dua puluh) JP, IST 1 dilaksanakan selama 50 (lima puluh) JP, OJT 2 dilaksanakan selama 200 JP, dan IST 2 dilaksanakan selama 30 (tiga puluh) JP.
B. Pengajar Diklat
Pengajar pada kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Indramayu ini adalah unsur Widyaiswara dari PPPPTK TK dan PLB, yaitu :
No | Nama Pengajar Diklat |
1 | Dr. Hermansyah, M.Pd |
2 | Dr. Hj. Ai Sofiyanti, M.Pd |
3 | Drs. Rudy Budiman, M.Pd |
4 | Dadang Supriatna, M.Ed |
C. Peserta
Peserta kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Indramayu adalah sebanyak 78 orang guru SD dari Kabupaten Indramayu (Daftar peserta terlampir)
D. Panitia
Panitia pada kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Indramayu berasal dari unsur PPPPTK TK dan PLB.
NAMA | JABATAN |
Pengarah | |
Drs. Abu Khaer, M.Pd | Kepala PPPPTK TK PLB |
Narasumber | |
Dr. Joko A. Julifan, M.Si | |
Dr. Agus Mulyadi, M.Pd | |
Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd | |
Dr. Hermansyah, M.Pd | |
Penanggung Jawab Kegiatan | |
Shony Budiman, SE, Ak | |
Pengadministrasi | |
Irma Numiasari, ST, M.Pd | Ketua |
Erma Setya Permana, S. Pd | Admin |
Kartini Haryani, S.Pd | Admin |
Kyky Julianti Setyaningrum, S.Pd | Admin |
Dani Nuryamin, A. Md | Admin |
E. Struktur Program dan Deskripsi Mata Diklat
Struktur program dan deskripsi mata Diklat Calon Kepala Sekolah sebagaimana tertera pada Tabel berikut.
Tabel Struktur Program Diklat Calon Kepala Sekolah
No | Mata Diklat | Waktu (JP) |
On the Job Training (OJT) 1 | ||
1 | Penjelasan Teknis | 1 |
2 | Pendalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan) | 10 |
3 | Identifikasi masalah pembelajaran | 4 |
4 | Perumusan Ide/Gagasan Inovasi | 4 |
5 | Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian | 1 |
JUMLAH | 20 | |
In Service Training (IST) 1 | ||
1. | Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | 2 |
2. | Tes Awal | 1 |
3. | Pembentukan Karakter | 9 |
4. | Materi Pokok Calon Kepala Sekolah | |
a. Manajerial Sekolah | 9 | |
b. Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan | 9 | |
c. Pengembangan Kewirausahaan | 10 | |
5. | Rencana Tindak Lanjut | 9 |
6. | Tes Akhir | 1 |
JUMLAH | 50 | |
On the Job Training (OJT) 2 | ||
1. | Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di Sekolah Asal | 130 |
2. | Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang | 40 |
3. | Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL | 30 |
JUMLAH | 200 | |
In Service Training (IST) 2 | ||
1. | Penjelasan Teknis IST 2 | 1 |
2. | Presentasi dan Gelar Karya | 25 |
3. | Refleksi Pelaksanaan RTL | 3 |
4. | Evaluasi Diklat | 1 |
JUMLAH | 30 | |
JUMLAH TOTAL | 300 |
Tabel Deskripsi Mata Diklat Calon Kepala Sekolah
No | Mata Diklat | Tujuan | Output Kegiatan | Perangkat/ Instrumen Kegiatan |
On the Job Training (OJT) 1 | ||||
1 | Penjelasan Teknis | Mengetahui tahapan diklat dan kegiatan yang wajib dilakukan oleh peserta serta mengetahui sistem penilaian diklat | Kesiapan peserta diklat untuk melaksanakan kegiatan setiap tahap diklat | Paparan Penjelasan Teknis |
2 | Pendalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi Guru dan Tendik, Manajerial, dan Pengembangan Kewirausahaan) | Meningkatkan pengetahuan peserta tentang Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi guru dan tendik, Manajerial, dan Pengembangan kewirausahaan, untuk membantu mengidentifikasi masalah pembelajaran dan menemukan ide/gagasan
Inovasi |
Meningkatnya pengetahuan tentang (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi Guru dan Tendik, Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, untuk membantu mengidentifikasi masalah pembelajaran dan menemukan ide/gagasan inovasi | 1. Paparan Pendalaman Materi
2. Instrumen Refleksi |
3 | Identifikasi masalah pembelajaran | Menemukan masalah pembelajaran | Hasil identifikasi masalah pembelajaran | 1. Paparan Identifikasi Masalah Pembelajaran
2. Instrumen Identifikasi Masalah Pembelajaran |
4 | Perumusan Ide/ Gagasan Inovasi | Menemukan ide/gagasan inovasi untuk pemecahan masalah pembelajaran | Uraian hasil ide/gagasan inovasi pemecahan masalah pembelajaran | 1. Paparan Perumusan Ide/Gagasan Inovasi
2. Rambu-Rambu Penyusunan Ide/Gagasan Inovasi |
5 | Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian | Memetakan tingkat penguasaan kompetensi peserta | Hasil Pemetaan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian | Instrumen Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian |
In Service Training (IST) 1 | ||||
1 | Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | Memahami arah kebijakan berkaitan dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah | Meningkatnya pemahaman peserta terkait kebijakan berkaitan dengan Permendikbud Nomor 6
Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah |
Paparan kebijakan terkait:
1) Program Merdeka Belajar 2) Pilar Perwujudan student wellbeing 3) Penugasan guru sebagai Kepala Sekolah |
2 | Tes Awal | Mengukur kemampuan awal peserta | Hasil tes awal peserta | Instrumen tes awal |
3 | Pembentukan Karakter | Membekali kompetensi kepribadian dan sosial sebagai pemimpin pembelajaran | Hasil pelaksanaan coaching dan mentoring, dan pembentukan karakter | 1. Instrumen Pelaksanaan Praktik Coaching dan Mentoring
2. Instrumen Refleksi Pembentukan Karakter |
4 | Manajerial Sekolah | Meningkatkan kemampuan analisis pengelolaan sekolah untuk melakukan pemecahan masalah pembelajaran | Hasil Analisis Perencanaan Program Sekolah dan Monev Pelaksanaan Program | Instrumen Merencanakan Program Sekolah dan Melaksanakan Monev |
No | Mata Diklat | Tujuan | Output Kegiatan | Perangkat/ Instrumen Kegiatan |
5 | Supervisi Guru dan Tendik | Meningkatkan kemampuan melaksanakan supervisi guru dan tendik untuk memecahkan masalah pembelajaran | Hasil simulasi supervisi guru dan tendik sesuai dengan ketentuan | Instrumen Pelaksanaan Supervisi Guru |
6 | Pengembangan Kewirausahaan | Mampu menyusun pemecahan masalah pembelajaran dalam rangka pengembangan sekolah | Hasil gagasan/inovasi dalam pemecahan masalah pembelajaran | Matriks deskripsi gagasan inovasi peningkatan kualitas
pembelajaran |
7 | Rencana Tindak Lanjut (RTL) | Menyusun RTL berupa:
1) Jadwal RTL 2) Rencana Proyek Kepemimpinan dalam mengatasi masalah pembelajaran 3) Peningkatan Kompetensi |
Hasil Penyusunan RTL | 1) Contoh Jadwal pelaksanaan RTL
2) Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan Kepemimipinan (RPK) 3) Matrik Peningkatan Kompetensi (PK) 4) Format Lembar Monitoring RPK 5) Format Lembar Evaluasi RPK 6) Rambu-Rambu Penyusunan Laporan RTL 7) Rambu-rambu Penyiapan Bahan dan Skenario Gelar Karya 8) Rambu-rambu Pembuatan Video Gelar Karya |
8 | Tes Akhir | Mengukur kemampuan peserta setelah selesai mengikuti IST 1 | Hasil tes akhir peserta | Instrumen Tes Akhir |
On the Job Training (OJT) 2 | ||||
1. | Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan
(RPK) di Sekolah Asal |
Mampu melaksanakan RPK di sekolah asal | Hasil Pelaksanaan RPK | Kerangka Laporan Pelaksanaan RPK |
2. | Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang | Mampu melaksanakan PK di sekolah Magang | Hasil Pelaksanaan PK | Kerangka Laporan Hasil Pelaksanaan PK |
3. | Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL | Mampu menyusun Laporan | Laporan Pelaksanaan RTL | Kerangka Laporan RTL |
In Service Training (IST) 2 | ||||
1 | Penjelasan Teknis
IST 2 |
Menjelaskan alur pelaksanaan
IST 2 |
Alur pelaksanaan IST 2 | Bahan Tayang |
2 | Presentasi dan Gelar Karya | Mengukur performansi secara komprehensif terhadap pelaksanaan RTL | Nilai presentasi | Instrumen Penilaian Presentasi |
3 | Refleksi Pelaksanaan RTL | Merefleksikan keseluruhan pelaksanaan RTL | Hasil refleksi | Instrumen Refleksi |
4 | Evaluasi Diklat | Mengetahui kualitas penyelenggaraan diklat | Data hasil evaluasi | Instrumen Evaluasi Diklat |
F. Jadwal Kegiatan
- Pembimbingan OJT 1
Peserta diklat melaksanakan OJT 1 selama 10 (sepuluh) hari dengan kewajiban menyelesaikan aktivitas pembelajaran adalah 2 (dua) JP per hari. Peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor 1 dan pengajar diklat saat melaksanakan dan menyelesaikan tugas OJT 1. Pembimbingan oleh pengajar diklat dilaksanakan selama 8 (delapan) JP @ 45 menit, atau 1 (satu) hari pada hari pertama kegiatan OJT 1 yaitu pada tanggal 6 Mei 2021.
Tabel Jadwal Pelaksanaan Pembimbingan OJT 1 oleh Pengajar Diklat
Jam ke | Mata Diklat | Keterangan |
1 | Penjelasan Teknis | 1. Peserta tetap melaksanakan dan menyelesaikan tugas OJT 1 di luar jadwal pembimbingan sesuai dengan durasi waktu yang diberikan
2. Tugas OJT 1 peserta dibawa dan dinilai pada saat IST 1 |
2 | Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK) | |
3 | Pedalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan) | |
4 | Pedalaman Materi (Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi, Manajerial dan Kewirausahaan) | |
5 | Identifikasi masalah pembelajaran | |
6 | Identifikasi masalah pembelajaran | |
7 | Perumusan Gagasan/Inovasi | |
8 | Perumusan Gagasan/Inovasi |
2. Pelaksanaan IST 1
IST 1 dilaksanakan di tempat kegiatan yang ditentukan oleh penyelenggara diklat. Durasi pelaksanaan IST 1 adalah 50 (lima puluh) JP atau setara dengan 5 (lima) hari yaitu tanggal 27 sd 31 Mei 2021.
No | Jam Ke | Hari1 | Hari 2 | Hari 3 | Hari 4 | Hari 5 |
27/5 | 28/5 | 29/5 | 30/5 | 31/5 | ||
1 | 1 | A1 | B2 | B3.a | B3.c | B4 |
2 | 2 | A1 | B2 | B3.b | B3.c | B4 |
3 | 3 | B1 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
4 | 4 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
5 | 5 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
6 | 6 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
7 | 7 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
8 | 8 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
9 | 9 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B4 |
10 | 10 | B2 | B3.a | B3.b | B3.c | B5 |
11 | 11 | Refleksi | ||||
12 | 12 | Refleksi |
Keterangan:
A1 : Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
B1 : Tes Awal
B2 : Pembentukan Karakter (Character Building)
B3.a : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Manajerial Sekolah
B3.b : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan
B3.c : Materi Pokok Calon Kepala Sekolah: Pengembangan Kewirausahaan
B4 : Rencana Tindak Lanjut
B5 : Tes Akhir
3. Pembimbingan OJT 2
OJT 2 dilaksanakan selama 9 (sembilan) pekan dengan kewajiban per hari adalah 3 (tiga) sampai 4 (empat) JP. Peserta akan mendapatkan bimbingan dari pengajar diklat secara luring selama 3 (tiga) kali dengan durasi 10 (sepuluh) JP @ 45 menit, untuk setiap kali pembimbingan. Jadwal pelaksanaan pembimbingan OJT 2 secara luring tertera pada Tabel berikut.
Tabel Jadwal Pelaksanaan Pembimbingan OJT 2 Moda Luring
Pembimbingan Ke | Minggu Ke | Mata Diklat | Waktu |
1 | 3 | Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan(RPK) di sekolah asal | 10 JP |
2 |
5 |
1. Pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di Sekolah Asal (8 JP)
2. Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di Sekolah Magang (2 JP) |
10 JP |
3 |
8 |
1. Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi (PK) di sekolah Magang (4 JP)
2. Penyusunan Laporan Pelaksanaan RTL (6JP) |
10 JP |
4. Pelaksanaan IST 2
Kegiatan IST 2 dilaksanakan di tempat yang ditentukan oleh penyelenggara diklat. Durasi pelaksanaan kegiatan IST 2 adalah 30 (tiga puluh) JP @ 45 menit atau setara dengan 4 (empat) hari yaitu dari tanggal 19-22 Agustus 2021.
Tabel Jadwal Pelaksanaan Diklat IST 2 Moda Luring*)
No | Jam Ke | Hari1 | Hari 2 | Hari 3 | Hari 4 |
1 | 1 | D1 | D2 | D2 | D2 |
2 | 2 | D2 | D2 | D2 | D2 |
3 | 3 | D2 | D2 | D2 | D3 |
4 | 4 | D2 | D2 | D2 | D3 |
5 | 5 | D2 | D2 | D2 | D3 |
6 | 6 | D2 | D2 | D2 | D4 |
7 | 7 | D2 | D2 | D2 | |
8 | 8 | D2 | D2 | D2 | |
9 | Refleksi | ||||
10 | Refleksi |
Keterangan:
D1 : Penjelasan Teknis IST 2
D2 : Presentasi dan Gelar Karya
D3 : Refleksi Pelaksanaan RTL
D4 : Evaluasi Diklat
Agenda Diklat Lainnya
Diklat Calon Kepala Sekolah Moda Daring Dinas Pendidikan Kota Banjar Tahun 2021
A. Waktu dan Tempat Diklat Calon Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Kota Banjar ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus s.d 26
Penjaringan Peserta Pengembangan Model PLB
PPPPTK TK DAN PLB melakukan penjaringan peserta Diklat seperti tabel di bawah ini, dengan persyaratan Guru (Bukan Kepala Sekolah) yang
Diklat Daring “Parenting Bagi Guru TK”
PPPPTK TK dan PLB Cloud Teacher Training : Diklat Daring “Parenting Bagi Guru TK” Untuk membangun perkembangan anak secara optimal