KEBUGARAAN JASMANI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
13 March 2019
Banyak orang para mom dan guru nih yang berfikir bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak dapat melakukan olahraga atau aktifitas fisik . Orang tua dan guru jarang melibatkan ABK dalam kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik karena saking sayangnya khawatir memperburuk keadaan ABK tersebut. Hal ini nih yang menyebabkan banyak ABK yang kebugarannya kurang baik dan sangat tergantung dengan bantuan orang sekitar atau kurang mandiri. Tetapi sebenarnya dengan latihan fisik ABK bisa loh meningkat kebugarannya ,sehingga anak- anak kita yang super ini dapat melakukan aktifitasnya secara mandiri , bahkan dengan pelatihan khusus banyak juga yang menjadi atlit .
Terus apa sih kebugaran jasmani itu? Dalam bahasa Ingris di sebut Physical fittnes yang diartikan sebagai kekuatan fisik manusia untuk mengerjakan aktifitas tanpa merasakan lelah yang berlebih. Nah saya ingin berbagi sedikit nih hal yang perlu di perhatikan untuk meningkatkan kebugaran Anak berkebutuhan Khusus, komponen – komponennya sebetulnya sama dengan anak-anak typical yaitu :Kekuatan (Strength), Daya Tahan (Endurance), Daya Otot (Muscular Power), Kecepatan (Speed), Daya lentur (Flexibility), Kelincahan (Agility), Koordinasi (Coordination), Keseimbangan (Balance), Ketepatan (Accuracy), Reaksi (Reaction)
Hal yang berbeda dari latihan kebugaran jasmani pada anak berkebutuhan khusus adalah , pelaksanaanya harus berurutan contoh: latihan daya tahan di berikan setelah ABK menguasai latihan kekuatan, jangan lupa memperhatikan apa hambatan dan data kesehatan pada ABK tersebut agar saat merancang kegiatan atau macam latihan yang mungkin memerlukan pengadaptasian pada pelaksanaanya. Yang tidak kalah pentingnya buatlah latihan itu dalam kegiatan yang menarik dan tidak membosankan dan lebih menarik.
(By:Rina Utharina)
Karya GTK Lainnya
ISODEL: Menyiapkan Pendidikan 4.0 untuk Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) kembali menyelenggarakan International Symposium on
Layanan Pendidikan Berbasis Nilai Kebersamaan dalam Setting Sekolah Inklusif
Oleh Dr. Hermansyah, M.Pd. – WidyaiswaraPPPPTK TK dan PLB Bandung ABSTRAK Paradigma baru pendidikan menempatkan layanan pendidikan berkualitas sebagai fokus utama dalam
GAMBARAN 4P DALAM PRAKTIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
(SYARIFUDIN, S.Pd) (SDN 008 LUBUK SIAM, CGP. ANGKATAN 3 KAB. KAMPAR) Pendahuluan Pandemi Covid-19 yang melanda negeri kita cintai ini,