KEBUGARAAN JASMANI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

13 March 2019

Banyak orang para mom dan guru nih yang berfikir  bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak dapat melakukan olahraga atau aktifitas fisik . Orang tua dan guru jarang melibatkan ABK dalam kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik karena saking sayangnya khawatir memperburuk keadaan ABK tersebut. Hal ini nih yang menyebabkan banyak ABK yang kebugarannya kurang baik dan sangat tergantung dengan bantuan orang sekitar atau kurang mandiri. Tetapi sebenarnya  dengan latihan fisik ABK bisa loh  meningkat kebugarannya ,sehingga anak- anak kita yang super ini dapat melakukan  aktifitasnya secara mandiri ,  bahkan dengan pelatihan khusus banyak juga  yang menjadi atlit .

Terus  apa sih kebugaran jasmani itu? Dalam bahasa Ingris di sebut Physical fittnes yang diartikan sebagai kekuatan fisik manusia untuk mengerjakan aktifitas tanpa merasakan lelah yang berlebih. Nah saya ingin berbagi sedikit nih  hal yang perlu di perhatikan untuk meningkatkan kebugaran Anak berkebutuhan Khusus, komponen – komponennya sebetulnya sama dengan  anak-anak typical yaitu :Kekuatan (Strength), Daya Tahan (Endurance), Daya Otot (Muscular Power), Kecepatan (Speed),  Daya lentur (Flexibility), Kelincahan (Agility), Koordinasi (Coordination), Keseimbangan (Balance), Ketepatan (Accuracy), Reaksi (Reaction)

Hal yang berbeda dari latihan kebugaran jasmani pada anak berkebutuhan khusus adalah , pelaksanaanya harus berurutan contoh: latihan daya tahan  di berikan setelah  ABK  menguasai latihan kekuatan, jangan lupa memperhatikan apa hambatan dan data kesehatan pada ABK tersebut agar saat merancang kegiatan atau macam latihan yang mungkin memerlukan pengadaptasian pada pelaksanaanya. Yang tidak kalah pentingnya buatlah latihan itu dalam kegiatan yang menarik dan tidak membosankan dan lebih menarik.

(By:Rina Utharina)

Saatnya Menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik

Anda adalah guru, kepala sekolah atau pendidik lainnya, yang memiliki praktik baik dalam implementasi Kurikulum Merdeka? Yuk, bagikan praktik baik

Kolaborasi dan Sinergi Fasilitator Sekolah Penggerak PPPPTK TK dan PLB

Sabtu (5/3) PPPPTK TK dan PLB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Fasilitator Sekolah Penggerak di

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp